Ads

Thursday, February 26, 2015

4 Kunci Menurunkan Berat Badan

oleh: Chad Anderson, CSCS

Pertama-tama saya katakan bahwa daftar ini bukan berarti lengkap. Namun, jika Anda dapat mengatur ke-4 komponen penting dari program penurunan berat badan, Anda berarti akan berada di jalan yang tepat mengarah kerampingan.


MEMBANGUN PONDASI

Kebanyakan orang memulai program penurunan berat badan dengan tingkat Basal Metabolic Rate (BMR), yaitu kebutuhan energi minimal yang dibutuhkan tubuh untuk menjalankan proses tubuh yang vital, kebutuhan energi metabolisme basal termasuk jumlah energi yang diperlukan untuk pernapasan, peredaran darah, pekerjaan ginjal, pankreas, dan lain-lain alat tubuh, serta untuk proses metabolisme di dalam sel-sel dan untuk mempertahankan suhu tubuh. Kurang lebih dua pertiga energi yang dikeluarkan seseorang sehari digunakan untuk kebutuhan aktivitas metabolisme basal tubuh. Angka BMR dinyatakan dalam kilokalori per kilogram berat badan per jam. Angka ini berbeda antar orang dan mungkin pada orang yang sama bila terjadi perubahan dalam keadaan fisik dan lingkunan. 

Perhitungan BMR dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu luas permukaan tubuh, jumlah jam kerja, aktivitas, status hamil dan menyusui, hormon, usia, jenis kelamin, demam, lapar dan status kesehatan. BMR awal dapat diketahui dengan menghitungnya dengan perhitungan awal : 


BMR awal = BP x 24 jam k 1 kkal

Kuncinya kemudian adalah untuk meningkatkan BMR sehingga Anda membakar lebih banyak kalori sepanjang hari, setiap hari.

Meningkatkan jumlah kalori yang Anda bakar, meningkatkan jumlah lemak Anda yang hilang. Masuk akal, ya?

Cara terbaik untuk meningkatkan BMR Anda adalah melalui latihan penguatan jaringan otot. Wanita sering merasa ngeri dengan ide penguatan otot karena mereka takut menjadi "besar." Santai saja sayang!

Ini tidak begitu sulit untuk memperkuat otot daripada yang Anda pikirkan. Selain itu, dengan kekuatan otot, maka tubuh ramping yang anda capai akan lebih bertahan lama. Dan ini adalah apa yang Anda inginkan, bukan?





SPESIFIK PROGRAM 

Bukan sekedar program latihan dalam menurunkan berat badan. Dengan hanya membakar kalori tidaklah cukup.

Akan tetapi harus dirancang untuk memperoleh respon hormonal tertentu yang kondusif terhadap penurunan berat badan.


KONSISTEN 

Yang satu ini lebih baik anda bicara pada diri sendiri.

Apakah Anda pernah mencapai sesuatu yang besar dengan upaya konsisten? Kecuali Anda mempertimbangkan untuk kegagalan,

Anda harus berolahraga secara konsisten untuk mendapatkan hasil yang Anda inginkan!
Ini mengherankan saya, banyak orang melakukan sedikit upaya dalam program latihan dan mereka mengeluh tidak melihat hasilnya.

Bahkan program yang paling baik dirancangpun tidak ada gunanya jika tidak dilaksanakan secara konsisten.


DIET

Ini bisa dikatakan bahwa Anda tidak bisa berharap untuk mencapai tubuh yang lebih ramping dengan kebiasaan makan yang tidak sehat. Yang artinya bahwa Anda harus meninggalkan semuanya, dan Anda segera beralih dan menukarnya dengan makanan "sehat". Namun pada akhirnya Anda akan susah dan kembali ke kebiasaan lama dalam waktu satu bulan.

Seharusnya latihanlah secukupnya dan tidak terlalu bernafsu. Juga, secara bertahap meninggalkan makanan yang tidak sehat dan perlahan-lahan memperkenalkan makanan sehat. Peralihan ini akan lebih ringan dilakukan dan jauh lebih mudah untuk mempertahankannya.


Chad Anderson, CSCS mengoperasikan sebuah program kebugaran online dan layanan pelatihan pribadi di rumah. Beliau meraih gelar BS dalam ilmu olahraga di bidang nutrisi dan bersertifikat Certified Strength & Conditioning Specialist melalui NSCA. Anda dapat mengunjungi website di www.afitsolutions.com.


 chad@afitsolutions.com

No comments:

Post a Comment