Ads

Tuesday, March 3, 2015

5 Langkah Program Menurunkan Berat Badan

oleh: Nick Webb

Ingat anda punya kelebihan daripada sekedar hanya keindahan tubuh. Anda punya kepribadian, otak, perasaan ... singkatnya, semua hal itu tergantung anda. Jadi mengapa diet? Setelah anda sadar semua itu, ternyata bukanlah sekedar hanya keindahan tubuh, dan yang terpenting dari semua yang anda miliki tidaklah dapat diukur dengan skala.

Ada beberapa pendapat mengatakan dengan berbagai alasan bahwa diet sangatlah baik. Padahal diet tidak hanya sekedar menurunkan berat badan atau keindahan tubuh. Tidak, arti sebenarnya dari 'diet' adalah memilih makanan dan pengaturan pola makan yang akan membuat Anda sehat, kuat, dan merasa lebih baik. Dibutuhkan perencanaan dan dedikasi. Ini berarti menetapkan tujuan dan tindak lanjut. Tapi itu tidak harus menjadi pekerjaan rumah. Tidak, dengan alat yang tepat bahkan bisa menyenangkan ... terutama ketika Anda mulai melihat hasil yang Anda inginkan!
Baiklah jika Anda memilih diet, ada lima langkah yang sangat sederhana, yang jika Anda benar-benar melakukannya, keinginan anda menurunkan berat badan akan tercapai tanpa bersusah payah! Bukankah itu terdengar menarik. Ini sangat serius... cobalah lakukan hal berikut ini:

Langkah 1) Selalu duduk saat makan, lebih baik di depan meja makan. Jangan makan sambil berdiri, berjalan, mengemudi atau berbicara di telepon.

Langkah 2) Jangan membaca atau menonton televisi sambil makan.

Langkah 3) Makan hanya ketika perut Anda kosong. Setidaknya 3 sampai 4 jam dari makanan terakhir Anda.

Langkah 4) Jangan menyuap makanan sampai Anda benar-benar menelan makanan sebelumnya. Jelas? Cobalah mengamati orang dan Anda akan melihat mereka menyuap ulang padahal makanan di mulut masih penuh. Mereka mungkin berbicara pada saat yang sama! Jadi, menyuap, mengunyah, menelan, menyuap, mengunyah, menelan.

Langkah 5) Jangan makan saat Anda tidak lapar. Ini sangat serius walaupun kedengarannya konyol. Contohnya ketika makan di rumah tunggulah 5 menit sebelum mengambil porsi kedua. Jika Anda menunggu, akan merasakan bahwa Anda tidak lagi lapar, namun demikian jika Anda tidak menunggu ambillah porsi kedua sepertiganya saja!
Ingat ... Tunggu lima menit sebelum mengambil porsi kedua.




Sebuah diet yang baik adalah terus menerus menjadi kebiasaan yang tidak menjadi beban dan tidak berakhir ketika telah mencapai tujuan dan target Anda. Mempertahankan nutrisi yang baik, olahraga teratur dan pola hidup sehat adalah sebuah proses yang berkelanjutan. Ini akan memberi Anda energi untuk menghadapi tantangan di hari sibuk Anda, meningkatkan citra diri Anda, dan membuat Anda terlihat mempesona dan merasa lebih baik.

Janganlah merasa puas saat Anda mencapai tujuan dengan tetap berpegang pada :
- pikiran yang masuk akal,
- sehat
- program diet.

Selain itu, dimanakah tanpa makanan? Ingatlah diet Anda yang tepat akan mencegah atau mengurangi penyakit jantung, menurunkan tekanan darah, atau mengendalikan diabetes dan tentunya untuk mencapai berat badan yang Anda inginkan, bukan hanya sekedar masalah mengurangi makanan berlemak dan telur dan menghitung jumlah gram lemak Anda pada makanan setiap hari. Sebagai contoh, kebanyakan orang Amerika mendekati 40% kalori dari lemak! Ini adalah dua kali jumlah yang disarankan jika Anda sudah menderita penyakit jantung.

Ada banyak kesalah pahaman dan kebingungan mengenai lemak ini, beberapa tampaknya masuk akal, namun kebanyakan nampak konyol dan bodoh! Ingat, tentang lemak ini, beberapa hal yang sekarang diketahui pasti. Hal ini diketahui bahwa sebagian besar dari kita makan terlalu banyak lemak dan kegemukan yang merupakan masalah kesehatan utama, meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes, hipertensi, nyeri punggung dan kanker. Hal ini juga diketahui bahwa lemak jenuh, lebih dari apa pun, sangatlah mempengaruhi meningkatnya kadar kolesterol kita.

Hal ini memang nampak aneh, tapi hasil penelitian yang seriuslah yang telah menemukannya, ironisnya, ketika orang-orang terfokus hanya pada menghilangkan kolesterol dari makanan sehari-hari, mereka tidak sadar dengan beralih ke diet tinggi namun menumpuk lemak jenuh! Bahkan beberapa diantaranya ada yang memutuskan untuk menjadi vegetarian, meninggalkan daging dan telur, padahal salad dressing, kacang-kacangan dan selai kacang, misalnya, malah menyebabkan kerusakan yang lebih parah dari pada steak tanpa lemak! Pesan: hati-hati apa yang Anda makan, Anda mungkin akan terkejut.

Nick Webb: Penulis "Getting Your Life Back & Living it to the Full" menawarkan dorongan, bantuan, tips dan saran untuk menurunkan tekanan darah, mengurangi kolesterol dan menaklukkan diabetes dan hidup lebih lama, kehidupan yang lebih baik. Lihat http://www.cureyourheart.com

No comments:

Post a Comment